Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik disini

13 November 2010

Konsep Ketuhanan Tiga Agama Besar Dunia


Yahudi, Kristen dan Islam merupakan agama samawi atau agama yang turun dari langit kepada tiga nabi besar, yaitu Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad. Dalam dewasa ini ketiga agama tersebut saling berseteru satu sama lain untuk menunjukkan kalau agama merekalah yang Rata Penuhpaling benar. Tentu saja kalau kita lihat dari pembawa tiga agama besar tersebut tidak terlihat perseteruan. Hal itu dikarenakan mereka membawa ajaran yang sama, tidak berbeda yaitu monotheisme atau lebih tepatnya tauhid. Perbedaannya mungkin hanya terletak pada ritual-ritual keagamaan karena mereka diutus pada waktu dan tempat berbeda namun secara konsep tentang ketuhanan mereka mengajarkan hal yang sama. Lalu kenapa tiga agama tesebut saling berseteru kini? Latar belakangnya mungkin sejarah dan tentu saja konsep ketuhanan dari agama tersebut. Dalam posting saya kali ini, saya hanya ingin membicarakan tentang konsep ketuhanan mereka. Pada postingan lain saya mungkin akan memaparkan sejarah perseteruan dari ketiga agama ini. Selamat menikmati.

Iblis memang tidak kenal lelah untuk menggoda manusia agar sesat. Yahudi dan Kristen seharusnya lenyap ketika Islam turun. Bagi orang Islam pasti mengerti mengapa seperti itu. Nabi Musa dan Nabi Isa serta nabi-nabi yang lainnya hanya diutus untuk satu kaum, setelah mereka meninggal seharusnya umat mereka mengikuti nabi setelah mereka. Nabi Muhammad adalah nabi terakhir, hal itu berarti seluruh umat seorang nabi sebelum Nabi Muhammad seharusnya mengikuti ajaran Nabi Muhammad ketika Nabi Muhammad diutus. Namun iblis memainkan perannya. Ketika nabi mereka meninggal, muncullah orang-orang yang memiliki pikiran radikal yang telah diracuni pikirannya oleh iblis dan merubah semua konsep tentang apa yang disampaikan oleh nabi mereka. Sehingga terjadilah seperti sekarang ini, konsep ketuhanan Yahudi dan Kristen berubah total, dari yang tadinya monotheisme hingga menyembah banyak tuhan.

Kita coba untuk mentelaah satu persatu tentang konsep ketuhanan tiga agama besar tersebut. Kita mulai dari si sulung Yahudi. Yahudi hingga sekarang mengklaim bahwa konsep ketuhanan mereka adalah monotheisme. Namun monotheisme yang bagaimana? Apakah tauhid yang berarti menyembah Allah atau tidak? Mari kita lihat isi kitab mereka taurat (perjanjian lama). Pada kitab kejadian Fasal I:
“Allah berkata kami telah membuat manusia berdasarkan bentuk kami, seperti serupaan kami.”

Sehingga dari ayat tersebut dapat kita lihat bahwasanya apa saja yang terjadi pada manusia dapat terjadi dengan Allah. Bahkan dalam keyakinan orang yahudi, Allah dapat merasakan letih dan kecapaian. Sebagaimana dapat kita lihat dalam Taurat pada kitab kejadian Fasal II:
“Allah menyelesaikan pekerjaan yang dia kerjakan pada hari ketujuh. Kemudian dia beristirahat pada hari ketujuh dari seluruh pekerjaan yang dia kerjakan.”

Demikianlah konsep ketuhanan Yahudi, mereka termasuk umat yang musyabbihah, yaitu umat yang menyerupakan Tuhan dengan makhluk. Lalu dalam perkembangannya Yahudi juga meyakini bahwa Allah mempunyai anak, yaitu Uzair (Ezra). Uzair adalah seorang salih yang hapal Taurat, kemudian Allah mematikannya selama 100 tahun, kemudian ia dibangkitkan lagi dengan keadaan Taurat telah musnah karena serbuan dari Bukhtunsir. Uzair mendatangi Yahudi yang kemudian menyampaikan Taurat asli dari hapalannya. Karena hapalannya itulah maka Yahudi mengkultuskan dia lebih tinggi dari Nabi Musa. Karena Nabi Musa diberi Taurat berupa kitab oleh Allah, namun Uzair dari hapalannya. Sehingga mereka menganggap Uzair lebih dari sekedar Nabi melainkan anak Tuhan.

Lalu dalam perkembangannya juga Yahudi lebih mempercayai kitab Talmud daripada Taurat (Perjanjian Lama). Talmud merupakan catatan diskusi para rabbi yang berkaitan dengan hukum Yahudi, etika, kebiasaan dan sejarah. Talmud bukan hanya sebagai sumber agama namun melainkan juga sebagai pandangan ideology dan prinsp-prinsip serta juga arahan bagi kebijakan pemerintahan Yahudi, yang sekarang telah memiliki negara yang bernama Israel. Itulah sebabnya Negara Yahudi Israel merupakan Negara yang yang rasis, chauvinistic, theokratik dan sangat dogmatic. Para rabi Yahudi mengklaim bahwa Talmud merupakan himpunan dari ajaran yang disampaikan oleh Nabi Musa as secara lisan. Sampai kedatangan Nabi Isa as Talmud dihimpun oleh para rabi hingga bentuknya sekarang.

Talmud memiliki dua komponen, yaitu Mishnah yang merupakan kumpulan hukum lisan Yudaisme yang pertama yang ditulis dan Gemara atau diskusi mengenai Mishnah. Lalu terdapat dua buah versi Talmud, yaitu ‘Talmud Jerusalem’ dan ‘Talmud Babilonia’. Talmud babilonia dipandang paling otoritatif. Berikut beberapa kutipan dari Talmud Babilonia:
Erubin 2b “Barangsiapa yang tidak taat terhadap kepada para rabbi mereka akan dihukum dengan cara dijerang dalam kotoran manusia yang mendidih di neraka”.

Moed Kattan 17a “ Bilamana seorang Yahudi tergoda untuk melakukan sesuatu kejahatan, maka hendaklah ia pergi ke suatu kota dimana ia tidak dikenal orang, dan lakukanlah kejahatan disana.”

Sanhedrin 57a “Seorang Yahudi tidak wajib membayar upah kepada orang Cuthea (Kafir) yang bekerja baginya”.

Baba Kamma 37b “ Jika lembu seorang Yahudi melukai lembu kepunyaan orang Kanaan (Palestina), tidak perlu ada ganti rugi. Tetapi jika lembu orang kanaan (Palestina) sampai melukai lembu kepunyaan orang Yahudi maka orang itu harus membayar ganti rugi sepenuh-penuhnya”.

Baba Mezia 24a “ Jika seorang Yahudi menemukan barang milik orang Cuthea (Kafir), ia tidak wajib mengembalikkan kepada pemiliknya”.

Sanhedrin 57a “Jika seorang Yahudi membunuh seorang Cuthea (Kafir), tidak ada hukuman mati, apa yang sudah dicuri oleh orang Yahudi boleh dimilikinya”.

Yebamoth 98a “Semua anak keturunan orang Cuthea (Kafir) tergolong sama dengan binatang”.

Yebamoth 63a “… Adam telah bersetubuh dengan semua binatang ketika ia berada di Sorga”.

Yebamoth 63a “… menjadi petani adalah pekerjaan yang paling hina”.

Abodah Zarah 17a “Buktikkan bilamana ada pelacur seorangpun di muka bumi ini yang belum disetubuhi oleh pendeta Talmud Eleazar”.

Hagigah 27a “Nyatakan, bahwa tidak aka nada seorang rabbi pun yang akan masuk neraka”.

Baba meiza 59b “Seorang rabbi telah mendebat Tuhan dan mengalahkan-Nya. Tuhan pun mengakui bahwa rabbi itu memenangkan debat tersebut”.

Dari kutipan Talmud Babilonia diatas, wajar kiranya Yahudi dengan sangat tidak bersalah membantai setiap penduduk Palestina. Karena kitab yang mereka jadikan pedoman bukan hanya tidak melarang mereka namun malah memerintahkan mereka untuk melakukan hal tersebut. Bagi umat Yahudi mereka adalah umat pilihan. Hal itu dapat kita lihat selain dari kutipan diatas namun juga kenyataan bahwa banyak Nabi yang diutus dari bangsa mereka. Oleh karenanya mereka sombong dan sangat benci kepada Nabi Muhammad karena bukan dari bangsa mereka. Sehingga ketika Nabi Muhammad turun mereka tidak mengikutinya. Itulah yang mendasari permusuhan Yahudi dengan Islam.

Selanjutnya konsep ketuhanan Kristen. Sama dengan Yahudi, Kristen mengklaim bahwa mereka monotheisme. Namun padahal konsep ketuhanan mereka yang tertuang dalam konsep trinitas (tritunggal) tidak membuktikkan hal tersebut. “Tuhan itu satu tapi terdiri dari tiga oknum” itulah konsep trinitas. Ada Tuhan Bapak, Tuhan Anak dan Roh Kudus. Memang sangat tidak masuk akal sekali konsep itu. Oleh karenanya agama kristen terpecah belah karena penafsiran yang berbeda atas konsep trinitas tersebut. Ironisnya lagi aliran satu dengan aliran lainnya saling mengkafirkan. Secara umum agama kristen terbagi atas tiga agama baru, yang masing-masing memiliki gereja dan tokoh agama sendiri. Ketiga aliran tersebut ialah Katholik, Ortodoks dan Protestan. Walaupun mereka berbeda secara ibadah dan ritual keagamaannya serta juga injilnya, namun mereka semua sepakat akan konsep Trinitas.

Kristen Khatolik merupakan aliran Kristen yang paling tertua. Khatolik sendiri berarti orang-orang umum, karena mereka mengaku-ngaku sebagai induk dari gereja dan penyebaran Kristen keseluruh dunia. Aliran ini juga disebut dengan gereja latin atau gereja barat karena mereka mendominasi Eropa Barat seperti Italia, Spanyol, Prancis, Portugal dan lainnya. Disebut juga dengan gereja petrus atau kerasulan karena menurut mereka yang menyebarkan ajaran agama ini adalah Petrus, murid Nabi Isa yang paling senior. Gereja ini menganggap Roh Qudus tumbuh dari Tuhan Bapa dan Tuhan Anak secara bersamaan. Mereka juga meyakini bahwa Tuhan Bapa dan Tuhan Anak juga memiliki kesempurnaan yang sama. Bahkan mereka meyakini bahwa Yesus atau Tuhan Anak ikut bersama-sama dengan Tuhan Bapa mencipta langit dan Bumi.

Adapun Kristen Ortodoks disebut pula gereja timur karena berasal dari Yunani. Aliran ini menyempal aliran katholik pada tahun 1054 M. Aliran Ortodoks hanya meyakini bahwa Roh Qudus hanya tumbuh dari Tuhan Bapa saja dan bukan dari Tuhan Anak. Mereka juga meyakini bahwa Tuhan Bapa lebih utama dari Tuhan Anak. Sedangkan Kristen Protestan adalah pengikut Martin Luther yang menyempal dari Katholik karena banyak hal yang tidak masuk akal dari ajaran Khatolik. Disebut Protestan karena sikap mereka memprotes gereja lama atau Khatolik. Mereka menyebut diri mereka dengan Gereja Penginjil karena pengakuan mereka yang semata hanya ingin mengikuti Injil saja. Mereka termasuk agama yang melarang membuat patung atau gambar sebagai penjelmaan Tuhan untuk disembah. Namun walaupun begitu mereka tetap dengan setia mengikuti konsep Trinitas.

Terakhir konsep ketuhanan Islam. Agama yang saya anut ini memang hebat. Jika bicara tentang konsep ketuhanan maka agama saya ini adalah juaranya. Semuanya masuk akal, tidak ada kerancuan di sana dan di sini. Yuk kita lihat surat Al-Ikhlas di bawah ini:

“Katakahnlah, “Dia-lah Allah yang Maha Esa”
“Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu”
“Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan”
“Dan tidak ada yang setara dengan Dia”

Cukup baca saja surat diatas maka sudah jelas bagaimana Tuhan itu dalam Islam. Tuhan dalam Islam hanya ada satu. Sangat tidak masuk akal sekali jika Tuhan itu banyak. Presiden suatu Negara saja hanya ada satu, apalagi Tuhan alam semesta. Karena jika ada banyak, pasti terdapat perdebatan pada saat penciptaannya. Tuhan yang satu ingin begini, dan Tuhan yang lain ingin begitu. Karena ada banyak pula, bisa saja Tuhan saling berantem dalam pengurusan alam semesta karena perbedaan pendapat antara Tuhan. Wah ga bisa dibayangin deh kalau Tuhan ada banyak.

Tuhan yang satu itu atau Allah dalam keyakinan Islam pastilah sangat hebat. Bagaimana tidak Dia telah menciptakan alam semesta ini dengan begitu teliti dan sempurna. Makhluk-makhluk ciptaan-Nya pastilah bergantung kepada-Nya. Alam semesta ini adalah miliknya. Jadi apa yang Dia kehendaki pasti terjadi. Sedangkan kita makhluk-makhluk-Nya tidak punya apa-apa, kepada siapa lagi kita akan meminta. Karena Tuhan hanya ada satu, bagaimana mungkin Dia bisa punya anak. Apalagi bersetubuh dengan manusia yang merupakan makhluk-Nya, seperti kepercayaan umat Kristen yang mengatakan yesus putra Tuhan hasil hubungan Tuhan dengan Bunda Marya. Nanti kalau Tuhan punya anak, terjadi dualisme ketuhanan lagi dong. Ah jadi ribet kalau begitu. Terakhir tentu saja tidak ada yang setara dengan Dia. Kita pikir saja bagaimana bisa ada yang setara dengan Dia, toh kita semua makhluk-Nya yang tidak punya apa-apa dan bahkan adalah milik-Nya.

Semoga bermanfaat postingan saya ini. Maaf karena baru belajar ngeblog, pasti banyak kata-kata yang terlihat rancu atau ambigu. Kritik saja di kotak comment, insya Allah saya akan menerimanya dengan senang hati. Toh manusia adalah makhluk pelajar, yang selama hidupnya belajar entah itu dari pengalaman, buku ataupun kritik dari orang lain.

Wassalam

3 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل















KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

ibu windaa mengatakan...

saya IBU WINDA posisi sekarang di malaysia
bekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
sempat saya putus asah dan secara kebetulan
saya buka FB ada seseorng berkomentar
memberanikan diri karna sudah bingun
saya minta angka sama AKI NAWE
angka yatentang AKI NAWE katanya perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di malaysia ada pemasangan
jadi saya ng di berikan 6D TOTO tembus 100%
terima kasih banyak AKI
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL tak ada salahnya anda coba
karna prediksi AKI tidak perna meleset
saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger